Kamis, 15 Oktober 2009

BAB III

PEMBAHASAN
3.1 Uraian Materi (Teori Dasar)

Printer adalah alat untuk mencetak semua tulisan, dokumen, gambar yang terlihat pada layar monitor, dan lain – lain yang terkandung dalam computer, printer termasuk peralatan output yang dinamakan peripeheral. Periperal ini akan mencetak apapun yang diperintahkan oleh computer ke dalam media kertas.
Printer dalam bahasa Indonesia berarti ”pencetak (alat cetak)”. Istilah ”printer” sering digunakan sebagai alat cetak yang terhubung langsung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU computer.
Printer itu ada beberapa jenis diantarnya :
1. Printer dot-matrix
2. Printer inkjet
3. Printer laserjet

3.2 Gambar
















3.3 Gejala – gejala yang timbul
  • Blinking
  • Tidak mau menarik kertas
  • Banjir Tinta
  • Keluar suara keras tidak beraturan
  • Cartridge tidak terdeteksi
  • Mati total

3.4 Analisis Kerusakan
 Blinking
Jika printer blinking biasanya sudah penuh memorinya sudah terlalu banyak mencetak jadi harus di reset, untuk merest printer canon pixma ip 1980 ada dua cara yaitu dengan cara manual dan dengan menggunakan software atau biasanya di sebut dengan reseter, Cuman jika di reset manual sifatnya hanya untuk sementara jadi jika setrumnya mati akan kembali lagi seperti semula yaitu blinking lagi jadi harus di reset lagi tapi jika menggunakan software akan bertahan lama paling jika di reset lagi kalau sudah penuh memorinya.
 Tidak mau menarik kertas
Biasanya jika printer canon pixma ip 1980 tidak mau menarik kertas kemungkinan rol mekaniknya patah atau bisa juga ada yang mengganjal benda seperti baud atau yang lainnya.
 Banjir Tinta
Jika terjadi banjir tinta biasanya jika memasang system infus tidak memakai pembungan atau bisa juga setelah selesai di infus menyimpan tintanya terlalu atas dari printer sebaiknya jika printer di infus printer harus lebih atas dari pada tinta min 3cm atau bisa juga jika printer banjir dikarenakan pemaikannya sudah terlalu sering dan belum pernah di bongkar sama sekali dan tidak di pasang pembuangan keluar jadi pembuangnya masih di dalam printer.
 Keluar suara keras tidak beraturan
Jika keluar suara keras tidak beraturan karena ada komponen di dalam printer yang lepas biasanya sensor di sebelah kiri printer, jadi jika sensor lepas otomatis tidak mau mencetak malah mengeluarkan suara keras tidak beraturan atau bisa juga salah satu komponennya ada yang lepas.


 Cartridge tidak terdeteksi
Jika cartridge tidak terdeteksi ada beberapa kemungkinaan biasanya print headnya sudah rusak atau luka atau bisa juga cariednya kotor atau rusak.
 Mati Total
Jika printer mati total biasanya ada dua kemungkinan yaitu power suplay mati atau salah satu komponen board ada yang mati atau konslet.

3.5 Langkah Pembongkaran
• Alat yang diperlukan
 Obeng min
 Obeng plus
• Bahan yang diperlukan
Untuk membongkar sebuah printer canon pixma ip 1980 tidak memerlukan bahan tapi yang di perlukan untuk membongkar hanyalah kecerdikan dan kerapihan dalam membongkar.
• Urutan langkah pembongkaran
Untuk membongkar printer canon pixma ip 1980 berbeda dari printer lain yaitu dengan cara : pertama – tama yang kita lakukan siapkan dulu obeng plus untuk membuka baud yang ada di depan di sebelah kiri dan kanan kemudian seteleh baud di buka, terus buka casing bagian kiri dan kanan untuk membuka itu siapkan dulu obeng min, setelah obeng min di sediakan kemudian buka kunci yang terdapat di juru atas printer dan juru bawahnya terus dorong sedikit kemudian setelah terbuka casing bagian kiri dan kanan, setelah itu kemudian buka kunci yang terdapat dibagian atas belakang printer di sebelah kiri dan kanan kemudian angkat casingnya perlahan - lahan dan buka lagi bagian sudut belakang printer sebelah kiri dan kanan setelahi tu kemudian buka casingnya, setelah di buka casing kemudian siapkan obeng plus untuk membuka baud – baud yang terdapat di samping kiri dan kanan dan di mekanik setelah baud – baudnya di buka kemudian angkat mekanik secara perlahan – lahan, setelah terbuka kemudian buka lagi baud – baud yang terdapat di board dan angkat secara perlahan – lahan, setelah terbuka kemudian buka cleaning, setelah terbuka cleaning kemudian tinggal memeriksa.



3.6 Langkah Pemeriksaan
• Alat yang diperlukan
 Multimeter
 Koas
• Bahan yang diperlukan
 Tisu
 Lap (kanebo)
• Urutan langkah pemeriksaan
Untuk memeriksa printer canon pixma ip 1980 pertama – tama memeriksa rol pada mekanik karena itu yang kebanyakan rusak biasanya patah atau periksa sensor sebelah kiri.

3.7 Langkah Pemasangan
• Alat yang diperlukan
 Obeng plus
• Bahan yang diperlukan
Untuk memasang sebuah printer canon pixma ip 1980 tidak memerlukan bahan sama halnya dengan membongkar tapi menggunakan ketelitian dan kerapihan dalam memasang casing agar terpasang pada tempat yang telah di sediakan jadi masang casingnya rapih tidak berantakan.
• Urutan langkah pemasangan
Untuk memasang printer canon pixma ip 1980 setelah komponen yang lainnya sudah terpasang kemudian pasang cleaning,setelah terpasang cleaning kemudian pasang mekanik dan memakai baud, setelah itu kemudian pasang board dan baud – baudnya juga, kemudian pasang lagi baud – baud yang terdapat di bagian kiri dan kanan printer kemudian pasang tombol lampunya setelah terpasang komponen – komponen semua kemudian pasang casing bagian tengah kemudian dorong sedikit – sedikit sampai terkunci pada tempatnya, setelah itu terpasang kemudian pasang casing bagian kiri dan kanan setelah casing semuanya sudah terpasang kemudian siapkan obeng plus untuk memasang baud – baud yang terdapat di depan printer di sebelah kiri dan kanan, setelah semunya selesai kemudian tinggal melakukan pengujian/pengetesan.


3.8 Langkah Pengujian/Pengetesan
Setelah pemasang selesai baru kita tes, untuk mengetes printer canon pixma ip 1980 ada dua cara yaitu :
 Dengan cara manual yaitu dengan cara:
1. Langkah yang pertama pasang dulu kabel power ke printer lalu pijit tombol powernya, tunggu beberapa saat sampai tombol hijaunya diam tidak berkedip lagi.
2. Langkah yang kedua pijit tombol resume dengan cepat 5 kali

 Dengan cara pakai computer yaitu dengan cara :
1. Langkah yang pertama pasang dulu kabel power dan usb ke printer dulu pijit tombol powernya tunggu beberpa saat sampai tombol hijaunya diam tidak berkedip lagi
2. Langkah yang kedua klik start pada tampilan desktop computer kemudian pilih printers and faxes seperti gambar di bawah ini



3. Setelah itu kemdian kita cari driver canon pixma ip 1900



4. Kemudian Klik kanan pada driver canon pixma ip 1900 seperti yang terlihat pada gambar di bawah


5. Kemudian klik prin test page seperti yang terlihat pada gambar di bawah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Template Design By:
SkinCorner